.::.

Jumat, 15 Oktober 2010

Tips Merawat Laptop


Harga laptop (komputer jinjing/notebook/netbook) yang kian hari semakin terjangkau meningkatkan jumlah pengguna laptop di Indonesia, mulai dari pelajar sekolah, mahasiswa, karyawan, pengusaha, sampai ibu rumah tangga. Walau memang pengguna laptop masih didominasi oleh kaum urban yang berasal dari kalangan menengah ke atas.

Sayangnya, masih banyak pengguna laptop yang hanya bisa memakai/menggunakan laptop tapi tidak memahami bagaimana cara merawat laptop agar tetap stabil dan berumur panjang. Padahal laptop seringkali berisi data-data yang teramat penting, seperti tugas-tugas maupun bahan pelajaran bagi seorang pelajar/akademisi, data-data perusahaan bagi seorang karyawan/pengusaha, data dan hasil penelitian bagi seorang ilmuwan, bahkan dokumentasi (foto/video) anak yang baru belajar berjalan bagi seorang ibu dan hal-hal penting lainnya.

Oleh karena itu, jika laptop mengalami kerusakan tentu saja dapat mengganggu aktifitas yang menggunakan laptop dan yang paling parah dapat menghilangkan data-data yang terdapat pada hardisk laptop. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa laptop sebagai barang elektronik pasti suatu saat akan rusak, yang ingin saya sampaikan disini adalah bagaimana cara untuk meminimalisir kerusakan yang akan terjadi dan memaksimalkan fungsi dan umur laptop.

Berikut beberapa tips yang dapat anda praktekan :

1. Jangan meletakkan laptop pada tempat yang terlalu empuk ketika sedang digunakan.
Di bagian bawah (mesin) laptop terdapat ventilasi kipas pendingin, jika diletakkan di tempat yang terlalu empuk seperti kasur/sofa, ventilasi tersebut akan tersumbat dan mengakibatkan laptop menjadi lebih cepat panas.

2. Jangan meletakkan laptop terlalu dekat dengan sumber medan magnet.
Sumber medan magnet seperti televisi, speaker active, radio tape dan telepon genggam dapat mempengaruhi komponen laptop terutama hardisk.

3. Jangan menekan/mengetik keyboard laptop terlalu keras.
Keyboard laptop jauh lebih sensitif dibandingkan keyboard Personal Computer (Komputer Desktop konvensional), jika ditekan terlalu keras keyboard laptop akan cepat rusak.

4. Hindari cahaya matahari langsung dan debu.
Debu dan paparan sinar matahari langsung sangat berbahaya bagi komponen laptop, sebisa mungkin gunakan laptop di tempat yang terhindar dari debu dan terpaan sinar matahari langsung.

5. Jangan tinggalkan laptop di dalam mobil yang sedang parkir.
Selain panas di dalam mobil yang berbahaya bagi laptop, hal ini juga guna mengantisipasi terjadinya pencurian.

6. Hindari makan dan minum di dekat laptop.
Memang sulit menghindari kegiatan yang satu ini, sangat menyenangkan ketika browsing, chatting, mengerjakan tugas sambil makan dan minum di dekat laptop, namun hal ini akan menjadi bencana ketika makanan/minuman tersebut tumpah dan mengenai laptop. (kecuali jika anda menggunakan keyboar dan screen protector).

7. Membersihkan LCD (layar laptop)
Untuk membersihkan LCD gunakan kain yang sangat lembut seperti pembersih kaca mata dan cara melapnya sebaiknya secara satu arah (misalnya : dari kiri ke kanan) dan jangan ditekan terlalu keras. Dianjurkan menggunakan cairan pembersih khusus, tapi jangan langsung semprotkan ke layar laptop, semprotkan ke kain yang akan digunakan untuk mengelap laptop. Dan jangan pernah menyentuh layar laptop.

8. Membersihkan keyboard.
Rongga-rongga pada keyboar dapat menyebabkan masuknya debu, untuk membersihkannya gunakan vacuum cleaner portable (vacuum cleaner mini) untuk menyedot debu.

9. Membersihkan body laptop.
Cukup lap body laptop dengan kain halus dan apabila bagian yang mengkilat terlihat kusam dapat menggunakan cairan pembersih khusus elektronik, semprotkan pada kain yang akan digunakan untuk mengelap.

10. Gunakan lapisan anti-gores dan protektor keyboard.
Lapisan anti-gores bagi body dan layar laptop sudah sangat gampang untuk didapatkan. Serta protektor keyboard dapat melindungi keyboard dari tumpahan cairan (makanan/minuman). Meamang harus mengeluarkan biaya lebih, akan tetapi hal tersebut sebanding dengan kegunaannya.

11. Gunakan selalu tas khusus laptop.
Komponen laptop sangat rentan terhadap benturan dan goncangan, oleh karena itu sangat disarankan mengggunakan tas khusus laptop ketika akan membawa laptop berpergian. Ciri-ciri tas yang baik adalah : memiliki slot khusus laptop, keras di bagian luar dan lembut di bagian dalam. Jika bepergian menggunakan sepeda motor, jangan menggunakan tas laptop model selempang, gunakan tas laptop model backpack karena lebih aman.

12. Back-up Data secara berkala.
Untuk menghindari hilangnya data, sebaiknya back-up data penting anda ke CD/DVD atau media lainnya.

13. Selalu gunakan dan update Antivirus.
Semakin hari terdapat semakin banyak virus, dari yang hanya serangan ringan sampai serangan yang menghapus data. Oleh karena itu selalu update Antivirus anda.

14. Merawat baterai laptop.
Untuk penggunaan laptop pertama kali, sebaiknya charge baterai laptop secara penuh, lalu kosongkan (sampai tinggal 10-5%) dan isi lagi, ulangi sebanyak tiga kali. Berlaku juga untuk baterai yang tidak digunakan selama berminggu-minggu atau lebih.

Jangan menunggu sampai baterai benar-benar kosong (komputer otomatis stand by / mati), ketika sudah muncul peringatan (baterai tinggal (10-5%), segera charge laptop dan sebaiknya laptop dimatikan. Dan ketika baterai sudah penuh (biasanya ada indikator lampu), segera cabut charger laptop.

Ketika akan menggunakan laptop dalam waktu yang lama, sebaiknya lepaskan baterai dan gunakan AC power (menggunakan tenaga listrik langsung melalu kabel charger), serta sebelumnya baterai diisi penuh. Lebih baik lagi menggunakan stabilizer/stavolt.

Ketika laptop akan disimpan/tidak digunakan untuk waktu yang cukup lama. lepaskan baterai dan disimpan ditempat yang sejuk, kering, tidak lembab dan tidak terpapar sinar matahari seara langsung. (baterai diisi penuh sebelum dilepaskan)

Pada intinya, umur dan daya tahan laptop lebih bergantung kepada pemakainya, bukan merek/brand laptop tersebut.


Oleh:
Muhammad Febrian Prabowo


1 komentar:

Yulis Samoa mengatakan...

Pernah juga waktu itu Laptop saya kesiram kopi ... Wehh.. untung gak terjadi masalah apa-apa.. Canggih juga nih laptop..hehehe
Btw, bagus sekali info cara merawat laptop nya.. :)

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More