.::.

Sabtu, 18 September 2010

Teknologi Netbook dan Modem SpeedUp N100 Telkomsel

Persaingan ketat di pasar netbook membuat sejumlah vendor melakukan berbagai strategi untuk merayu konsumen. Salah satu strategi adalah membundling netbook besutannya dengan layanan koneksi internet milik operator telekomunikasi. Lalu, apakah strategi tersebut cukup ampuh untuk menutupi segala ?keterbatasan? netbook, mengingat netbook hanya diposisikan sebagai perangkat berinternet, sehingga banyak konsumen yang terkadang berpikir dua kali untuk memilih netbook dibandingkan notebook.
Okezone berkesempatan menjajali kemampuan netbook SpeedUp N100 berikut koneksi SpeedUp
SU-9000U Telkomsel Xircle Edition yang dibundling dengan netbook tersebut.
Dari segi desain, Speed Up n100 tak jauh berbeda dengan netbook lainnya, desain speedup cukup seksi. Penutup layar glossy memberinya kesan elegan. Layar wide-screen 10,1 inci yang digunakan netbook ini juga cukup memberikan kenyamanan untuk bekerja. Bobotnya juga tak jauh berbeda dengan netbook lainnya yang berkisar 1kg. Berat Speed Up yang hanya 1,2 kg juga membuat Anda nyaman membawanya berjalan-jalan.
Prosesor Atom N270 membuat Speed Up membutuhkan waktu sekira 58 detik sampai 1,2 menit untuk start up dan langsung dapat digunakan. Sedangkan untuk proses shut down, Speed Up hanya membutuhkan sekira 36 detik.
Berbasis Windows XP dengan Service Pack 3, sistem operasi SpeedUp N100 membagi aplikasi dalam kategori koneksi Work dan Connect. Di dalam Connect terdapat aplikasi berbasis internet seperti browser, email client, jejaring social, sampai instant messenger. Sementara di Work, tersedia aplikasi berbasis Microsoft Office. Total ada 16 aplikasi yang telah dibenamkan di SpeedUp N100.
Khusus aplikasi Sosial networking fungsinya agak istimewa. Aplikasi ini memungkinkan Anda terkoneksi ke 3 aplikasi sosial networking dan instant messenger populer seperti Yahoo, Twitter, dan tentu saja Facebook. Dilihat dari aplikasi yang ada, SpeedUp cocok untuk digunakan bagi pelajar, mahasiswa, atau pekerja yang tidak terlalu membutuhkan aplikasi-aplikasi ?berat?.
SpeedUp N100 memiliki tiga port USB, dua di sisi kiri dan satu di sisi kanan yang semuanya diposisikan horizontal. Kehadiran tiga port ini sedikit mengganggu jika anda menggunakan Flashdisk berukuran besar. Pasalnya penyematan Flashdisk akan bersinggungan dengan drive lainnya. Untuk keyboard, Speed Up memiliki 82 keys (US version) dengan ukuran 255 mm. Dengan demikian, pengguna memiliki ruang yang lebih lega ketika menempatkan tangannya di sana untuk mengetik.
Pengaturan volume dan mute dirasakan cukup mudah dengan menggunakan dua tombol kombinasi dengan Fn. Dari sisi kualitas suara, dibandingkan netbook pada umumnya, SpeedUp ini mampu menghasilkan suara yang lebih nyaman di telinga, dan tidak ?pecah? sekalipun diposisikan pada volume tingkat tinggi.
Sementara itu, koneksi internet yang menjadi andalan netbook yang distribusikan MLW ini menggunakan koneksi Telkomsel Flash lewat bantuan modem TelkomselFl00ash SU-90. Di beberapa wilayah koneksi TelkomselFlash ini masih terlihat kurang stabil, meski kecepatan aksesnya masih bisa diandalkan. Misalnya saja saat mengakses portal okezone, membutuhkan waktu sekira 10-13 detik untuk membukanya.
Di wilayah depok, koneksi yang diberikan Telkomsel untuk download sekira 0,23 Mbps sedangkan untuk upload sekira 0,11 Mbps, jika dilihat dari speedtest.net. Di wilayah Kebon sirih, Jakarta Pusat, kecepatan download mencapai 0,25 Mbps, untuk upload kecepatannya 0,07. Pengujian ini dilakukan pada pukul 21.30 WIB.
Selain jaringan handal milik TelkomselFlash, adanya fasilitas wi-fi yang terintegrasi membuat pengguna SpeedUp ini dapat terus menjalankan mobilitasnya. Penggunaan wi-fi di daerah ber-hotspot akan sangat membantu para pelajar, mahasiswa maupun profesional muda untuk menggunakan SpeedUp N100 ini.
Spesifikasi
CPU: Atom N270 CPU single core,45 nm, up to 1.6GHz,512KB L2
Cache,533MHz FSB, TDP 2.5W
Memory: DDR II 533MHz, 1GB
Core Logic: Intel Calistoga 945GSE+ICH7M
VGA: Intel 945GSE
Audio Codec: Realtek ALC269
LAN Controller: Supports 10/100 Mb/Sec
LCD: 10.1″ SWVGA, resolution 1024×600
HDD: Support single SATA 2.0 HDD for 9.5mm, 160 GB
Card Reader: Support SD/SDHC/MMC/MS/MS Pro Memory Card
Wireless LAN: Realtek RTL8191SE Wireless LAN 802.11 b/g PCI-E NIC
Battery Pack: 6 cells battery (Mampu Bertahan sekira 6-7 jam)
Harga : Rp 4.499.000 (srn)
Sumber : http://techno.okezone.com/read/2009/10/21/207/267701/speedup-n100-dan-telkomsel-perpaduan-netbook-dan-modem-handal
Tags : Berat,  Jakarta,  LAN Controller,  netbook,  service pack 3,  US,  W Memory, 



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More